Sunday 14th of April 2024

APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN PREDIKAT WBBM TAHUN 2020

APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN PREDIKAT WBBM TAHUN 2020

Senin, 21 Desember 2020, Letkol Laut  (KH) Riza Fadilah, S.H. selaku Kadilmil III-13 Madiun di dampingi oleh PNS Gatot Suprapto selaku Plh. Sekretaris dan Serma Dodik Sugeng Prasetyo mengikuti acara Penyerahan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Acara yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun sebagai rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi sedunia oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dihadiri Wakil Presiden R.I. KH Ma’ruf Amin secara virtual serta Pimpinan Kementerian dan Lembaga, termasuk Wakil Ketua Mahkamah Agung R.I. secara langsung serta seluruh Penerima Penghargaan Zona Integritas Tahun 2020 yang hadir secara langsung maupun secara virtual.

Predikat  WBK dan WBBM merupakan sebuah apresiasi kepada instansi pemerintah yang mampu dan berusaha lebih untuk membangun unit kerja percontohan yang berintegritas dan melayani dengan prima. Unit percontohan ini yang akan menularkan virus-virus perubahan sehingga semakin mendorong kemajuan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Untuk tahun 2020 ini menurut Plt. Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Drs. H. Jufri Rahman, M.Si,  terdapat 3691 unit kerja yang diusulkan kepada Tim Penilai Nasional dan yang berhasil ke tahap evaluasi lanjutan sebanyak 2570 unit kerja, selanjutnya yang berhasil lolos dalam panel akhir sebanyak 763 unit kerja, dengan rincian  681 unit kerja pelayanan ditetapkan WBK dan 82 unit kerja pelayanan ditetapkan WBBM. Predikat WBK/WBBM ini tidak bersifat permanen, artinya jika berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi nanti masih ditemukan fakta yang bertentangan dengan predikat WBK/WBBM maka predikat ini bisa dicabut kembali.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin yang hadir secara virtual mengatakan bahwa reformasi birokrasi merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi Indonesia maju. Untuk itu pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat reformasi birokrasi di seluruh kementrian, lembaga dan pemerintah daerah. “Keberhasilan pembangunan zona Integritas menuju WBK/WBBM diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik di lingkungan kementrian, lembaga dan pemerintah daerah,” ujarnya.

K.H. Ma’ruf Amin juga menegaskan bahwa keberhasilan reformasi birokrasi sangat ditentukan oleh SDM yang unggul dan berintegritas. Integritas lembaga maupun aparat harus dijaga dan ditegakkan sebagai formula untuk mencegah terjadinya korupsi yang sangat merugikan negara karena mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi, menurunnya daya saing dan investasi.

Ia menambahkan, setiap ASN harus memiliki komitmen untuk membangun budaya integritas. “Tanpa integritas yang kuat akan sulit bagi ASN untuk mengatasi tekanan, ancaman serta kesempatan melakukan kecurangan dan pelanggaran,” tegasnya.

Selanjutnya K.H. Ma’ruf Amin Selaku Wakil Presiden R.I., mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil meraih predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan bagi yang belum berhasil meraihnya agar senantiasa terus berbenah diri dan mengejar ketertinggalan dan memperbaiki segala kekurangan.

Pengadilan Militer III-13 Madiun telah berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) setelah melawati seluruh prosedur yang telah ditentukan, dan sebelumnya pada tahun 2018 juga telah meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kemenpan RB, harapan dari Dilmil III-13 Madiun semoga dengan predikat WBBM mampu menjadi contoh dan semangat seluruh Satker untuk bisa memberikan Pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan Integritas.

CINTAI PROFESI JAGA INSTITUSI